Diskusi Terbuka Seputar Blog | BimBel SEO #1

Diskusi Terbuka Seputar Blog | BimBel SEO #1-Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Selamat Siang dan Selamat datang di BimBel SEO. BimBel SEO adalah blog Bimbingan Belajar tentang Search Engine Optimizer (Dasar) dan teknik Blogging secara mudah.

Kami menyadari bahwasanya dibutuhkan satu forum diskusi diluar media sosial yang berguna sebagai wadah belajar dan sharing secara 2 arah untuk blogger pemula. Disini kami tidak mengakui bahwasanya ilmu yang kami miliki sudah yang paling expert, tapi kami hanya ingin berbagi tips dan pengalaman kepada agan-agan sekalian yang barangkali tidak bisa kami tuliskan ke dalam sebuah artikel blog. Oleh karena itu kami membuat ruang diskusi ini untuk memudahkan kita berinteraksi secara langsung.

Sebelumnya kami ucapkan terima kasih kepada agan semua atas antusias dan respon positifnya. Mungkin timbul pertanyaan, kenapa harus di blog? Kok gak di Media sosial aja? Jawabannya adalah, kalau kita melakukan diskusinya di media sosial maka hasil diskusi tersebut akan hilang dan tenggelam gitu aja. Tapi kalau dibuat di blog kayak gini maka hasil diskusi kita nanti akan tetap abadi dan dapat menjadi ilmu juga untuk orang-orang yang gak ikutan hari ini.

Dan bagi para mastah yang sudah memiliki ilmu tentang pertanyaan yang diajukan oleh blogger lain dimohon untuk berbagi tips dan pengalamannya juga disini, karena forum ini bersifat diskusi.

Oke langsung aja, check it out

Peraturan & Tata Tertib

1. Silahkan untuk memberikan pertanyaan di kolom komentar bawah dengan facebook plugin comment.
2. Bagi yang ingin bertanya silahkan menggunakan hastag #Ask diatas pertanyaannya.
3. Pertanyaan boleh seputar blog dan SEO (dasar).
4. Bagi agan yang ingin membantu menjawab dimohon untuk menjawab dengan komentar bertingkat dengan mengklik tombol reply di pertanyaan yang ada.
Tips Blog, SEO, Belajar Ngeblog
Contoh cara menjawab
Ralat ya, komentar nya dikolom komentar blog aja, gajadi di facebook comment plugins, soalnya ada temen-temen yang ikutan lewat HP. *Jangan lupa aktifkan Notify Me


5. Untuk pertanyaan baru silahkan untuk memberikan komentar baru.
6. Agan-agan semuanya harus stay di halaman ini ya untuk update terus jawaban-jawabanya. Usahakan refresh setiap 5 menit sekali.

Kayaknya untuk rules gausah banyak-banyak kali ya.. Langsung aja agan yang mau menyampaikan keluh kesahnya tuliskan dibawah. Pertanyaannya Insyaallah akan langsung kami jawab.

Terima Kasih.. :)


Ralat ya, komentar nya dikolom komentar blog aja, gajadi di facebook comment plugins, soalnya ada temen-temen yang ikutan lewat HP. *Jangan lupa aktifkan Notify Me

59 Responses to "Diskusi Terbuka Seputar Blog | BimBel SEO #1"

  1. Dmana nih diskusinya bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari Android gak kebuka ya facebook plugin comments nya?

      Delete
  2. Apa siih fungsi Seo yang sebenarnya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin jawaban saya gak secara teori ya gan, tapi fungsi SEO yg sebenarnya pertama tu untuk menjadikan blog kita gampang di crawl/ditelusuri google untuk diindeks. Kedua, kalau blog kita uda SEO friendly artinya blog kita uda gampang untuk di crawl sama Google dan itu mempermudah kita untuk masuk di halaman pencarian google secara ekspress, kalau SEO nya uda top malah bisa sampai di halaman 1 pencarian google bahkan peringkat 1. Ketiga, kalau posisi kita uda diatas maka user/pencari informasi akan ngebuka blog kita duluan untuk mendapatkan informasi yg dia caari. Untuk pelaku bisnis marketing hal ini sangat penting karena istilahnya dia bisa curi start pembeli duluan :)

      Delete
  3. #Ask mungkin disini sebagai blogger personal, isi blog gue sih kebanyakan tentang cerita-cerita pribadi, fiksi dan bukan blog semacam tutorial dan download yang sangat mengejar SEO. gue mau tanya bagi gue blogger personal bagusnya buat artikel yang user freindly atau tetap mengutaman SEO ?? makasih dari http://www.si-cadel.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah bagus ni pertanyaannya gan. Sebenarnya trik ngeblog itu semuanya sama. Harus memuat 2 unsur : User Friendly & SEO Friendly. User friendly gunanya biar pembaca itu betah berlama-lama dan langganan di blog kita, caranya dengan membuat tulisan yang teratur, paragraf yang justify, dalam 1 paragraf usahakan hanya berisi 3-5 kalimat.

      SEO Friendly gunanya untuk menjadikan blog kita di peringkat teratas pencarian google. Apalagi blog personal, biasanya kan ada tips-tips pribadi yang ingin dibagikan ke para pembaca, kalau blog kita tenggelam di bawah ya tips kita gabisa dibaca sama orang gan. Dan promosi atau blogwalking juga termasuk SEO loh ya. Jadi jangan sampai tulisan yg kita buat itu ibarat rumah yg dibangun mewah, besar, dan indah, tapi kosong gak ada fungsinya, gak ada gunanya.

      Mungkin gitu gan :)

      Delete
    2. ikut nambahin '3'/
      karena blog agan isinya cerita" pribadi agan, maka persaingan di page google akan lebih mudah, kenapa ? karena dari kata" sampai judulnya pun pasti unik dan khas, jadi tidak ada unsur copas sehingga mudah diterima google (apalagi kalau ceritanya sampai 500 kata)
      tapi ya gitu... tantangan yang berat untuk blog model ini adalah, sedikitnya viewer yang berkunjung... karena orang tidak akan mau melihat cerita dari orang lain

      Delete
    3. wah makasih banyak mas L SPEGA untuk tambahannya. Salah satu penyebab sedikitnya viewer karena keyword yang diletakkan di blog pribadi biasanya gak dicari orang. Jadi harus sering-sering aktif di komunitas atau blogwalking.

      Delete
  4. kang Farhan aku pernah cek seo online di http://chkme.com/ apakah ini yang di maksut dengan SEO yaaa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, sebenarnya ada banyak sih untuk ngeecek seberapa seo sih blog kita, tapi di chkme.com itu cukup baik analisanya menurut ane, soalnya dia juga ngasih tips-tips agar lebih seo. Kayak penggunaan Tag H1, H2, H3, trus properties dalam gambar dll

      Delete
    2. terus langkah selanjut gimana??
      masih bingung nihhh

      Delete
    3. caranya gimana ya kang farhan

      Delete
    4. Langkah paling awal mungkin gan noval harus ngerti kalaau penggunaan gambar dalam artikel jangan yg copas. Artinya agan download, trus langsung upload ke artikel atau bahkan langsung upload berdasarkan URL. Download boleh, habis itu agan harus edit lagi dikit, seenggaknya di kreatifin dikit lah, habis itu di rename. Jangan sama dengan nama yg sebelumnya. Habis itu upload ke artikel.

      Waktu upload gambar agan juga harus nambahkan caption, dan properties gambar (title img + alt image)

      Langkah selanjutnya perhatikan penggunaan tag H1, H2, H3 di tulisan

      Delete
    5. gan saya punya blog tapi kok mengunjungnya masih sepi terus bagaimana?? ini www.naufalmufid.gq

      Delete
    6. setelah saya liat blog agan, tidak heran kalau viewer masih sedikit, alasannya :
      1. Artikel agan jarang dicari orang
      2. Tiap artikel isinya kurang berbobot (pembahasan kurang mendalam, coba untuk tulis artikel yang sekiranya cukup banyak dicari orang dan agan sendiri juga punya pengalaman dlam topik yang dibicarakan tersebut, jadi agan bisa bahas lebih jauh)
      3. Template agan gak SEO, google gk tertarik sama blog agan
      coba untuk (sementara) download template seo yang mantep dari creator terkenal yang udh diakui... pasti templatenya bisa membantu SEO blog agan '3'b

      Delete
    7. Makasih gan L SPEGA. Sedikit lagi saya jabarin penjelasannya.
      1. Sebenarnya ertikelnya berpotensi dicari sama banyak orang khususnya anak RPL.
      2. Syarat untuk memenuhi poin 1 itu artikel gan noval minimal harus 500 kata biar google bisa merayapi/crawling artikel agan. semakin banyak kata yg dituliskan semakin banyak keyword yg ditanam, semakin gampang dirayapi google.
      3. Nah iya template agan kurang seo, google juga merhatiin desain yg menarik

      Delete
    8. brati saya harus rubah blognyaseluruhnya

      Delete
    9. Kang Farhan kalu cari template seo di google itu benar aatau nggak sihh

      Delete
    10. iya gan, mending dirubah dari sekarang sebelum terlambat haha. Tapi kalau mau ganti template pastikan kalau template nya bener" yg terbaik & SEO Friendly + Responsive. Kalau mengenai tulisan mungkin gan Noval harus sering-sering baca blog yg uda sukses, kira" gimana cara penulisannya dia dan apa aja yg harus di pelajari. Insyaallah dalam waktu dekat nanti bakalan ane share tentang masalah penulisan

      Delete
    11. Kalau mau cari template di google bener" aja kok. Tapi saran ya, kalau mau cari yg SEO + Responsive sebaiknya pilih template yg buatan mas Sugeng atau Arlina Design.

      Delete
    12. Makasih kapan2 boleh dong kayak begini lagi atau hubungi saya gan farhan novalzulhelmi@gmail.com Jazakumullah alakhoir

      Delete
    13. hehe iya sama" gan. Aman, insyaallah bakalan rutin kok. 1 bulannya 2x. Di hari yg sama dan jam yg sama. Untuk minggu ke berapanya rahasia hehe, tungguin aja di blog ini atau di grup. Nanti bakalan ane infoin lagi. Makasih ya atas kontribusinya

      Delete
  5. bang kan blog saya nih dah keindeks google nih
    trus kalau ganti template tuh rank nya turun ga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya turun gan, soalnya kan di HTML yang lama uda di optimasi dengan pemasangan meta tag, kode google analytics, sama biasanya kalau kita download ada template-template tertentu yang uda memang SEO Friendly, artinya kalau pun blog kita kosong blog kita bakalan tetap dapat pengunjung.

      Kalau ganti template harus cepat-cepat di optimasi lagi

      Delete
    2. ganti templatenya juga jangan sering sering... karena nanti google harus merayapi data-data di blog kamu berulang-ulang
      malah gk keindeks jadinya '3'

      Delete
  6. #ask gan kok sepi diskusinya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah itu dia gan, tadi di grup rame amat. Tapi gpp mungkin yang lain lg break sebentar. Yang penting yg sekarang aja dulu kita diskusiin :)

      Delete
    2. #ask kang pertanyaan ku belum di jawab??

      Delete
    3. Haha iya ni mau dijawab gan :v

      Delete
    4. sudah saya jawab ^ semoga membantu ^3^

      Delete
    5. Makasih banyak gan L SPEGA udah banyak membantu. Semoga ilmunya bermanfaat :)

      Delete
    6. Makasih L SPEGA && FARHAN ABDILLAH berteman dengan aku fb : https://www.facebook.com/afana.yiha salam kenal

      Delete
    7. Makasih juga gan. Makasih uda berkunjung dan ikutan diskusi. Semoga bermanfaat ya.. Oke langsung ane invite

      Delete
  7. #Ask SEO itu daftar atau gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. SEO itu trik gan, gimana caranya agan optimasi blog sebaik mungkin. Ibarat PC, RAM Processor dan VGA nya harus sebaik mungkin

      Delete
    2. Bener apa yang diutarakan sama Pak Farhan di atas ^ SEO itu trik
      SEO itu sesuatu yang berhubungan dengan code sistem (dalam hal ini HTML dan kawan-kawan)
      yang menjalankan sistem di internet bukan manusia, tapi robot
      jadi cara kita berkomunikasi (merayu) robot adalah dengan bahasa mereka sendiri
      SEO itu kita terapkan di blog kita supaya robot terkesan melihat blog kita

      Delete
    3. Nah ada tambahan ni. Gimana gan Fachri uda terjawab pertanyaannya?

      Delete
  8. #ask Cara dapet backlink dari situs terkenal dari adminnya langsung secara ikhlas gimana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe itu mah agak sulit gan. Biasanya admin" di blog terkenal itu nanyain Pageviews nya kita berapa, trus visitor per hari nya juga berapa. Nah ada sih cara untuk dapat backlink kesana.

      Pertama, mungkin kita harus jadi pelanggan setianya dulu. Tunjukkan eksistensi kita dengan sering" komen di blognya dia.
      Kedua, Tulis artikel yang relevant dengan blognya dia.
      Ketiga, kasih backlink duluan ke selebblogger itu. Habis itu kabarin dia kalau kita uda ngasih backlink ke dia. Minimal rasio nya 3:1 untuk awal-awal.

      Mungkin sih bisa terwujud dengan cara itu.

      Delete
  9. #ask Untuk blogku ini bagaimana gan www.didikjatmiko.com ? Beri penilaian dong. Semangat NgeBlog, NgeBlog Semangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woooow gila keren mas. Saya gak bilang kalau blog yg keren itu harus dengan template kayak saya, atau semua template dari mas Sugeng atau sebagainya. Gimana aja menurut saya oke selagi responsive dan enak dipandang. Keliatan kalau mas didik ini uda lama ngeblognya haha.

      Konten-kontennya juga mantep mas. Gaya penulisan yg justify juga uda terpenuhi. Mungkin mas didik harus lanjut belajar tentang penggunaan Tag H1, H2, H3. Soalnya konten mas didik ini banyak dicari orang, sayang kan kalau gak muncul di hasil pencarian Google.

      Trus kalau bisa 1 artikel minimal 500 kata ya mas.

      Uda sip mantap, anggota blogger Bojonegoro, saya tiap bulan juga ke bojonegoro mas. Mungkin kita bisa kopdar kapan-kapan

      Delete
  10. Bukti kalau saya juga ikut diskusi, ane masih baru tau nyimak aja ya gan.

    ReplyDelete
  11. Bukti kalau saya juga ikut diskusi, ane masih baru tau nyimak aja ya gan.

    ReplyDelete
  12. Gan gmana ya cara agar blog kita rame, kasih sarannya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertama banyakin nulis, semakin banyak tulisan semakin banyak yg berkunjung.

      Kedua, Tulislah hal-hal yg paling banyak dicari orang, tapi dengan versi bahasa kita sendiri. Artinya jangan copas atau kontennya sama dengan blog orang. Jadi artikel kita bisa masuk page 1 pencarian google, semakin tinggi peringkatnya semakin besar peluang untuk dikunjungi.

      Ketiga, sering-sering posting dan ajak temen-temen di komunitasnya untuk blogwalking. (Cara yg satu ini cukup melelahkan)

      Keempat, Tulis judul yg kontroversi. Misalnya "Fenomena Alam, Kucing berekor 9" Semakin kontroversi maka orang yg ngeliat semakin penasaran. Tapi ini juga gak bakalan bertahan lama. Harus selalu posting tiap hari.

      Saran yg paling baik sih yg poin 1 sama 2

      Delete
  13. Hai semuanya. Makasih ya atas antusiasnya. Ane sangat bahagia dan bangga karena bisa menyebarkan ilmu yang bermanfaat dan terobosan baru di dunia blogging ini cukup berhasil. Semoga gak hari ini aja ya. Ditunggu antusiasnya di hari-hari selanjutnya.

    Diskusi kali ini ane tutup dengan Hamdallah. Sampai ketemu lagi di kelas diskusi selanjutnya. Diskusi ini bakalan dibuat rutin lo 1 bulan 2 kali, di hari jumat dan jam 2 siang juga. Tapi untuk minggu ke berapanya tiap bulan masih rahasia. Tunggu aja info selanjutnya di facebook atau di blog BimBel SEO.

    Semoga diskusi kali ini bermanfaat bukan hanya untuk yang ikutan diskusi tapi untuk blogger-blogger lain yang sedang mencari ilmu yg sama.

    Mohon doanya ya supaya domain gratis yg dijanjikan pemerintah untuk BimBel SEO bisa dengan cepat di realisasikan.

    Salam Blogger dan sampai jumpa!!!

    ReplyDelete
  14. Masih bisa ask lagi gk ni agan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah... maaf ya gan, kelasnya uda ditutup untuk yang hari ini. Tunggu sesi selanjutnya ya hehe. Simpan dulu pertanyaannya, atau kalau memang mendesak bisa langsung hubungi saya di facebook

      Delete
  15. #ASK
    Cara mencari backlink dofollow yang berkualitas gimana ya gan ???
    mohon pencerahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya jawab di sesi selanjutnya ya. Insyaallah tanggal 17 Juni di hari dan jam yg sama

      Delete
  16. #ask
    menurut anda cara meningkatkan kualitas seo di website saya ini http://tutor-newbie.com dengan cara apa dan gimana cara melakukannya?

    ReplyDelete
  17. #ASK
    Di Dalam SEO kan Ada yang namanya Research Keyword Lalu Saya Penasaran Bagai Mana Cara Menembak Keyword Agar Blog Muncul Di Mesin Pencari,Karena Blog Saya Banyak Artikel Yang Sudah Masuk Page ONE tapi Visitor Segitu Gitu Aja,Mohon penjelasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya jawab di sesi selanjutnya ya. Insyaallah tanggal 17 Juni di hari dan jam yg sama

      Delete
  18. Thank you for the article you gave, and hopefully useful for everyone. always success…!!

    DominoQQ
    Capsa Susun
    Poker Uang Asli
    Judi Poker
    Agen Domino

    ReplyDelete
  19. DOWNLOAD SEKARANG JUGA APLIKASI MYDRAKOR, TERBARU DAN MUDAH DIGUNAKAN, sekarang nonton drama korea bisa di smartphone. Download sekarang juga aplikasi MYDRAKOR di googleplay gratis, film dan drama terbaru.

    https://play.google.com/store/apps/details?id=id.mydrakor.main&hl=in

    https://www.inflixer.com/

    ReplyDelete