Tips Menaikkan Visitor Untuk Blog Cerpen

Cerpen, Blogger cerpen, cerpenis, seo
Tips Menaikkan Visitor Untuk Blog Cerpen


Tips Menaikkan Visitor Untuk Blog Cerpen-Hai sobat Blogger, ketemu lagi di BimBel SEO. Gimana nih nge-blog nya? Masih konsisten nge-blog kan? Memang butuh kesabaran dan keahlian serta semangat juang untuk jadi blogger sejati. Salah satunya adalah dengan menulis pada topik yang konsisten.

Salah satu niche atau topik yang banyak diambil oleh para Blogger adalah blog tentang coretan hati, kehidupan sehari-hari, yang biasa di aktualisasikan dengan Cerpen. Cerpen biasanya terlahir dari kegelisahan yang dialami oleh seorang cerpenis. Kegelisahan tersebut dituangkan ke dalam sebuah tulisan yang berisi makna dan kesan yang mendalam.

Masalah besar yang dihadapi oleh seorang Blogger dengan topik Cerpen adalah kurangnya kehadiran pengunjung yang membaca hasil karya di blognya. Sehingga Cerpen yang sudah ditulis ibarat rumah yang dibangun besar, megah, dan indah tapi gak ada penghuninya. Kosong, gak bermanfaat dan buang-buang waktu. Hal ini menyebabkan para cerpenis yang bergelut di dunia blogging jadi sedikit berputus asa.

Pembaca adalah Raja, Anugerah, dan Segalanya

Tips Menaikkan Visitor Untuk Blog Cerpen

Ciptakan Karyamu!

Hal ini adalah hal utama, mungkin kita semua juga mengerti apa arti dari kata tersebut. Tapi yang perlu digaris bawahi  disini adalah jadikan cerpenmu sebagai identitasmu. Nantinya pembaca akan mengenal kita melalui karya yang telah kita ciptakan. Apapun yang kamu tuliskan itu adalah hak ciptamu. Kalau kata bang Habib Asyrafy Tulislah dari hati!!! maka kau akan menyentuh hati orang yang membacanya.

Bang Habib Asyrafy sendiri adalah seorang penulis asal Kota Medan Sumatera Utara yang telah berhasil memikat hati pembacanya melalui cerpen-cerpen yang telah dia ciptakan. Bang Habib adalah salah satu cerpenis yang telah berhasil bertransformasi dari yang sebelumnya penulis cerpen di blog menjadi seorang penulis buku. Buku pertama yang terlahir dari tangannya adalah novel "Cerita Caca".

Cerita Caca adalah sebuah novel dengan sajian pilihan kata yang santun. Penyampaiannya yang penuh etika, ringan untuk dicerna dan nikmat untuk dihayati sampai habis. Pembaca nggak akan bisa baca sepenggal-sepenggal karena alur ceritanya yang berkait. Jika ada sebuah novel asyik yang benar-benar bisa bercerita bagaimana mengelola rasa saat harus bertambah dewasa maka novel itu adalah Cerita Caca.

Melalui karya-karyanya, baik cerpen maupun novel bang Habib mengajak para pembaca untuk terjun langsung kedalam bacaan. Ketika kita membaca cerita-ceritanya kita akan masuk dan merasa bahwa kitalah yang menjadi tokoh didalam cerita tersebut.

Bagi yang penasaran sama tulisan bang Habib bisa langsung aja kepoin koleksi cerpennya di http://buku.habibasyrafy.com dan http://habibasyrafy.com. Atau bagi yang punya Wattpad, kamu bisa baca novel Cerita Caca secara online setiap sahur selama bulan Ramadhan nanti di http://my.w.tt/UiNb/yYSJcfhVt Yang gak punya bisa baca di bit.ly/ceritacaca.

Nah, hal ini yang patut kita contoh dalam menciptakan sebuah karya. Bawalah para pembaca untuk masuk langsung kedalam alur cerita. Carilah sudut pandang yang menarik agar menyentuh hati para pembaca. Jadi, setiap baris dari tulisan kita dapat melekat di hati dan pikiran pembaca, bukan lewat gitu aja. Cerita yang baik adalah cerita yang dapat memberikan kesan dan membekas di hati para pembacanya.

Membuat alur yang berkait juga penting agar pembaca selalu merasa penasaran untuk meneruskan bacaannya. Gunakanlah pilihan diksi yang menarik agar pembaca tidak bosan ketika menikmati karya kita. Sampaikanlah pesan moral cerita yang kuat kepada pembaca secara tersirat.

Moral cerita adalah kesimpulan yang ditarik dalam persepsi pembaca begitu selesai membaca.

Konsisten Menulis

Poin dari tips menaikkan visitor untuk blog cerpen yang satu ini merupaka kunci lanjutan dalam nge-blog. Seorang blogger harus konsisten dan aktif dalam berkarya agar pembaca paham kemana mereka harus mencari bacaan.

Banyak blog yang berlomba-lomba menawarkan artikel tetapi tidak kontinyu alias kadang waras kadang kumat. Hahahaha. Gak mudah memang, mengingat selalu ada daya tarik untuk keluar dari standard penulisan yang Anda miliki.

Tiga prinsip yang harus dipahami untuk memelihara spirit menulis :

1. Menulis adalah keterampilan: Bisa dipelajari, bukan bakat
2. Menulis membutuhkan waktu: luangkan waktu, bukan mencari waktu luang
3. Menulis perlu motivasi kuat: Tekad yang kuat akan menggerakkan semangat dan aksi

Gunakan Kata "Cerpen" di Judul Post

Contohnya Cerpen-Lelaki yang Mencari Makan, Cerpen-Michael's Book of Gift, dan sebagainya. Fungsinya adalah ketika user (orang yang mencari cerpen) mengetikkan kata cerpen di mesin pencarian Google maka tulisan kita akan terindeks dan muncul di halaman hasil penelusuran.

Tips ini akan mendatangkan pembaca secara otomatis tanpa kita suruh.

Mengundang Cerpenis Lain

Tahu situs Cerpenmu.com? Situs tersebut adalah situs yang menggunakan teknik ini. Mereka mengumpulkan penulis-penulis cerpen agar mau mengirimkan karyanya ke Cerpenmu.com. Tentu aja itu gak mudah.

Pertama, kita harus memiliki asas "Sama-sama untung". Keuntungan di kita adalah kita bisa mendapatkan konten yang sangat baik dan banyak dari berbagai cerpenis di luar sana. Keuntungan untuk mereka? Karyanya akan dibaca oleh banyak orang, dan kita sebagai pemilik blog sebaiknya memberikan apresiasi berupa uang, backlink, dan sebagainya.

Kedua, kita harus aktif mempromosikan blog dan tulisan yang udah dikirimkan oleh penulis lain. Untuk apa? Biar blog kita dikenal sebagai situs penyedia cerpen dan si penulis juga senang kalau namanya di promosikan. Nanti dengan sendirinya orang yang mengirimkan cerpen itu juga akan mempromosikan blog kita karena ada nama dia didalamnya.

Ketiga, butuh sedikit modal hehe. Pastilah harus modal. Buat semacam apresiasi dengan memberikan hadiah untuk 5 cerpen terbaik setiap bulannya. Jadi seakan-akan Anda juga memberikan wadah kompetisi untuk cerpenis-cerpenis lain. Jadinya mereka akan lebih termotivasi untuk mengirimkan karyanya. Kemudian setiap bulannya ya buatlah semacam ulasan tentang si pemenang.

Tips ini tidak perlu dilakukan secara berkelanjutan. Yang penting untuk start-up blog saja sudah cukup.

Aktif di Forum Diskusi

Bergabunglah di grup-grup social media yang relevan dengan penulisan cerpen dan blog. Rajin-rajinlah untuk unjuk gigi dan posting artikel terbaru supaya mereka mau berkunjung.

Misalnya saja di facebook ada komunitas Lingkar Pena, ada juga grup facebook BLOGGER INDONESIA, kemudian komunitas-komunitas besar seperti Warung Blogger, Kancut Keblenger, Jamban Blogger, dan sebagainya. Pasti ada blogger-blogger lain yang berkecimpung di dunia cerpen sama seperti Anda. Berkenalanlah dan undang mereka untuk menulis di blog Anda dengan trik yang sudah kita bicarakan sebelumnya tadi.

Bangunlah keakraban dengan pembaca maupun rekan-rekan sesama penulis.

Promosi

Rajin-rajinlah untuk share artikel terbaru ke semua media sosial yang Anda punya. Dan promosikan juga secara langsung ke teman-teman Anda.

Ikut Kompetisi

Ketika seorang penulis mengikuti sebuah kompetisi menulis, baik itu berbasis blog atau hanya mengirimkan tulisan melalui email dan mendapatkan juara maka nama dari penulis tersebut akan naik dimata pembaca. Share reward yang pernah Anda dapatkan ke blog dan juga  media sosial dengan menyertakan alamat blog Anda. Nantinya orang-orang yang melihat postingan tersebut akan penasaran "Kayak apa sih tulisan dia? Kok bisa juara?" Dan dengan naluri ingin tahunya dia akan mengklik URL Anda dan membaca semua cerpen yang ada di blog Anda.

Rajin-rajinlah melatih tulisan Anda dengan mengikuti kompetisi menulis. Dan dapatkan pembaca setia baik dari orang di sekeliling Anda,ataupun para kompetitor disaat Anda lomba. Biasanya orang yang mengikuti kompetisi dan belum menang akan belajar dari yang menang. Dan salah satunya adalah dengan belajar di Blog Anda.

Jangan Kehabisan Ide

If you wait for inspiration to write you're not a writer, you're a waiter. --Dan Poynter--

Kebanyakan penulis kehabisan ide untuk menciptakan karya-karya baru. Ini memang sudah kodratnya, apalagi bagi para Blogger yang berjuang sendirian dalam membangun Blognya.

Menurut kamu apa solusi untuk mendapatkan ide-ide baru setiap saat? Apa metode yang kamu lakukan untuk terus aktif menulis cerpen?


Silahkan tuliskan pendapatmu beserta alamat email yang aktif di kolom  komentar dan dapatkan giveaway pulsa masing-masing senilai Rp.10.000 untuk 2 jawaban terbaik dari 10 penjawab pertama.

Sekian materi BimBel SEO tentang tips menaikkan visitor untuk blog cerpen kali ini, semoga dapat memberikan semangat kepada para blogger yang memiliki niche Cerpen. Semoga mendapatkan lebih banyak pembaca lagi dan teruslah belajar serta diskusi di BimBel SEO. Jangan suka bolos ya!

Kata Kunci: Tips Menaikkan Visitor, Blogger, Cerpen, Tips menulis cerpen


39 Responses to "Tips Menaikkan Visitor Untuk Blog Cerpen"

  1. menurut saya untuk mendapat ide baru harus refreshing keluar atau pun liburan, sometimes kamu juga harus menyisipkan kisah hidup kamu di cerpen tersebut

    ReplyDelete
  2. ingonya bermanfaat baut saya penulis cerpen di blog, jadi semangat nulisnya

    ReplyDelete
  3. Wah bagus sekali artikelnya bang farhan, sebenarnya saya juga hobi nulis cerpen tpi belum tertuang ke blog, kapan2 akan saya buatblog cerpen. Jangan lupa kunjugi bloginfodoank.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. Wah sangat bermanfaat buat saya, kebetulan blog saya itu blog cerpen, terimakasih gan

    ReplyDelete
  5. hemm.. membuat cerpen bukan sesuatu yang mudah menurutku.. butuh motivator lho..

    ReplyDelete
  6. cerpen menurut gue lebih sulit dari bikin artikel hehe.. nice info

    ReplyDelete
  7. mantap ..terimakasih infonya..

    ReplyDelete
  8. Visit my blog please and give opinion : www.bioskoprumahan.ga

    ReplyDelete
  9. mantep gan, kunjungi https://umin-abdilah.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  10. artikel yang sangat bermanfaat.. saya senang berkunjung ke blog anda… terimakasih teruslah memberikan informasi yang bermanfaat…;)

    Agen Poker
    Bandar Ceme
    Agen Domino Terpercaya

    ReplyDelete
  11. Artikelnya sangat membantu dan memotivasi saya untuk terus berkarya...

    ReplyDelete
  12. bagus sekali tips nya. Sudi lah kiranya mengunjungi di laman cerita saya di https://crystaleisha.wixsite.com/imastoryteller
    terima kasih

    ReplyDelete
  13. Daftar Situs Poker Online Terbaru 2018 Uang asli Indonesia terpercaya!!
    Play now!! Poker Online , Domino Online , Bandarqq , Gaple Online
    Asian gambling real money, free chips for new member, Register Here

    SmsQQ
    DominobetQQ
    AjoQQ
    WaletQQ
    Liga99
    DewadominoQQ
    Dotapoker
    JaguarQQ
    Juaracapsa
    PesonaQQ

    ReplyDelete
  14. Daftar Situs Poker Online Terbaru 2018 Uang asli Indonesia terpercaya!!
    Play now!! Poker Online , Domino Online , Bandarqq , Gaple Online
    Asian gambling real money, free chips for new member, Register Here

    MurniQQ
    NegaraQQ
    DaduPoker
    AseanQQ
    CanduQQ

    ReplyDelete
  15. murahqq - Agen DominoQQ
    danaqq - Agen Poker Online
    wedeqq - Poker Online Terbaru
    elangqq - Poker Online Tanpa Bot
    garudaqq - Domino99 Terbaik
    mandiriq - BandarQQ Online Terpecaya
    playerqq - Domino BandarQ Online
    pasarpoker - Agen Domino BandarQ Online
    gemarqq - Agen Domino BandarQ Online
    canduqq - Agen Domino BandarQ Online

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. Untuk bisa memainkan game judi online ini, Anda harus memiliki akun terlebih dahulu warnetqq or lipoqq

    ReplyDelete
  19. Untuk mempunyai akun, Anda harus gabung dengan agen judi bandarq terlebih dahulu. omiqq dan juga meteorqq

    ReplyDelete
  20. Agen Bola Terbaik & Agen Bonus Terbaik!
    Agen Casino Menang Kalah Dapat Bonus!
    Yuk langsung daftar!
    BBM : DDA3CD23
    WA : 085890911333
    www.agen333.net
    https://agen333bola.blogspot.com/

    ReplyDelete
  21. DOWNLOAD SEKARANG JUGA APLIKASI MYDRAKOR, TERBARU DAN MUDAH DIGUNAKAN, sekarang nonton drama korea bisa di smartphone. Download sekarang juga aplikasi MYDRAKOR di googleplay gratis, film dan drama terbaru.

    https://play.google.com/store/apps/details?id=id.mydrakor.main&hl=in

    https://www.inflixer.com/

    ReplyDelete
  22. Artikel yang sangat Bagus dan Bermanfaat.. Update terus dan sukses selalu ya Gan...

    DominoQQ
    Capsa Susun
    Poker Uang Asli
    Judi Poker

    ReplyDelete
  23. Yuk Buruan ikutan bermain di website http://www.hokisahabatpk.org
    Sekarang hokisahabatpk Memiliki Game terbaru Dan Ternama loh...
    => Bonus Refferal 15%
    => Bonus Turn Over 0,5%
    => Minimal Depo 20.000
    => Minimal WD 20.000
    => 100% Member Asli
    => Pelayanan DP & WD 24 jam
    => Livechat Kami 24 Jam Online
    => Bisa Dimainkan Di Hp Android
    => Di Layani Dengan 6 Bank Terbaik
    => 1 User ID 8 Permainan Menarik
    Ayo gabung sekarang juga hanya dengan
    mengklick POKER ONLINE
    WHATSAPP : +855967136164
    LINE ID : sahabatpoker
    twitter : https://twitter.com/ghiaexceliaalfa
    Blogger : carisahabatqq.blogspot.com
    Live Chat Customer Service Profesional 24/7 (Nonstop) bersama cs hokisahabatp

    ReplyDelete
  24. Masih Bingung Bossku Cari BO Poker Yang Aman & Terpercaya ???
    Ingin Kemenangan langsung dibayar secepat kilat , Tanpa Ribet ?
    JACKPOT langsung dibayar secepat kilat
    Ayo Langsung saja Yuk Gabung d website kami

    Dengan Server IDNPLAY Situs Taruhan Judi poker RECOMMENDED Banget Nii Guys ^_^ !!!
    Paling Aman & Terpercaya Di Indonesia
    MEJAONLINE*.INFO (BINTANG NYA DI HAPUS ^_^ )

    Daftar & Gabung Bersama Kami Sekarang Juga di MEJAONLINE
    Dapatkan Promo Bonus Dari Kami :
    1. BONUS DEPOSIT NEW MEMBER UP TO Rp. 50,000
    2. BONUS ROLLINGAN 0.4 % SETIAP HARI SENIN
    3. BONUS REFFERAL 20 % SETIAP HARI KAMIS

    Tunggu apalagi boss? AYO DAFTARKAN DIRI ANDA SEKARANG !
    Link Resmi :
    MEJAONLINE*.INFO (BINTANG NYA DI HAPUS ^_^ )

    ^_^ DI TUNGGU KEHADIRANNYA ^_^
    📲 WA : +85516798223

    Poker Online Tercepat
    Poker Online Terbaik
    Ceme Online
    Domino QQ
    Poker Online Indonesia

    ReplyDelete
  25. Good article and have a nice content, really enjoy it. thanks for sharing.
    Visit our site on :

    Bola88
    Dewa Poker
    Jasa Bola
    Judi Slot Online
    Liga88
    Judi Slot
    Judi Poker
    Slot Online

    ReplyDelete
  26. Terima kasih tentang artikel nya , semoga bermanfaat, kunjungi my blog Makanan Wisata

    ReplyDelete
  27. Masih Bingung Bossku Cari BO Poker Yang Aman & Terpercaya ???
    Ingin Kemenangan langsung dibayar secepat kilat , Tanpa Ribet ?
    JACKPOT langsung dibayar secepat kilat
    Ayo Langsung saja Yuk Gabung d website kami

    Dengan Server IDNPLAY Situs Taruhan Judi poker RECOMMENDED Banget Nii Guys ^_^ !!!
    Paling Aman & Terpercaya Di Indonesia
    MEJAONLINE*.INFO (BINTANG NYA DI HAPUS ^_^ )

    Daftar & Gabung Bersama Kami Sekarang Juga di MEJAONLINE
    Dapatkan Promo Bonus Dari Kami :
    1. BONUS DEPOSIT NEW MEMBER UP TO Rp. 50,000
    2. BONUS ROLLINGAN 0.4 % SETIAP HARI SENIN
    3. BONUS REFFERAL 20 % SETIAP HARI KAMIS

    Tunggu apalagi boss? AYO DAFTARKAN DIRI ANDA SEKARANG !
    Link Resmi :
    MEJAONLINE*.INFO (BINTANG NYA DI HAPUS ^_^ )

    ^_^ DI TUNGGU KEHADIRANNYA ^_^
    📲 WA : +85516798223

    Poker Online Tercepat
    Poker Online Terbaik
    Ceme Online
    Domino QQ
    Poker Online Indonesia

    ReplyDelete
  28. EDENPOKER Adalah Agen Poker IDN & Domino QQ Terpercaya Se Asia

    [IMG]http://i65.tinypic.com/2mm5k49.jpg[/IMG]
    KELEBIHAN BERMAIN DI www.edenpoker.co adalah :

    - PROMO TERBARU DARI WEB YANG SUDAH BERDIRI SUDAH 5 TAHUN DEPOSIT HANYA IDR 15.000 DAN WITHDRAW HANYA IDR 15.000.

    # Minimal Deposit IDR 15.000,-
    # Minimal Withdraw IDR 15.000,-
    # Bonus New Member 10.000,-
    # Bonus Deposit 5%,-
    # Bonus Rollingan 0.5%,-
    # Bonus Referral 10%,-
    # Sistem Transaksi Menggunakan Bank :
    BCA
    Mandiri
    BNI
    BRI
    # Di Dukung Oleh Costemer Service Yang Ramah Dan Siap Melayani 24 Jam Non Stop Setiap Harinya
    # Bonus Cashback Mingguan Dari Total Turn Over
    # Game Kami Di Jamin 100% no Robot Maupun Admin
    # Proses Deposit & Withdraw Aman Dan Cepat

    - Kami Selalu Memberikan Pelayanan Yang Nyaman & Terbaik Untuk Membuat Para Member Kami Merasa Nyaman Dan Senang, Ini Adalah Motto Dari Web Kami Yaitu www.edenpoker.co Sebagai Agen Judi Online Terbaik Terpercaya Hingga Sekarang ini.
    Untuk Imformasi Selajutnya Silakan Hubungi LINE, WA & Live Chat CS Kami Di :

    LiveChat : www.edenpoker.co
    Pin BBM :-
    Twitter Official :-
    WA : +855 7863 3569
    WeChat :-
    LINE : edenpoker

    Hormat Kami
    www.edenpoker.co

    ReplyDelete
  29. Agen Sbobet
    Agen Resmi Sbobet
    Sabung Ayam
    Casino Online
    Berita Bola
    Berita Viral
    Brita Tranding

    Berikut HOT PROMO Yang Ada Di Bola206, antara lain :

    Bonus CASHBACK 5% untuk permainan SPORTBOOK
    Bonus ROLLINGAN 1% untuk permainan CASINO
    Bonus CASHBACK 5% untuk permainan SABUNG AYAM
    Bonus Referral 2.5% untuk permainan SPORTBOOK
    Bonus Referral 2,5% untuk permainan SABUNG AYAM

    SITUS BETTING ONLINE YANG AMAN DAN TERPERCAYA
    WWW,INDO206,NET

    DENGAN 1 USER ID ANDA DAPAT BERMAIN DI SEMUA GAME KAMI
    SPORTBOOK/LIVECASINO/SABUNGAYAM

    Minimal DP & WD 50RB
    Proses DP & WD HANYA 2 MENIT

    AGEN BETTING ONLINE YANG SUDAH
    PASTI DAN JELAS TERPERCAYA.
    WWW,INDO206,NET


    ( Via Live Chat ) Respon Cepat
    Costumer Service 24 Jam Online

    Line ID : agenbola206
    IG : @bola206hq
    FB : Bola206_Official
    WA : +6281363191417


    Ditunggu Kehadirannya Di Bola206 :)

    ReplyDelete
  30. bebasqq merupakan situs poker online uang asli terpercaya yang sudah menjadi pilihan banyak pemain online Indonesia, situs ini juga merupakan situs bandarq terpercaya dan dominoqq terpercaya dimana sangat direkomendasikan oleh pemain pemain judi oniline, apalagi dilayani oleh cs yang ramah dan baik hati.

    *untuk minimal deposit dan withdraw hanya 20 ribu rupiah
    *bisa memainkan 8 jenis permainan dalam 1 user id yaitu *aduq,bandarq,dominoqq,bandar66,poker,bandarpoker,sakong,dan capsa susun
    *bank yang tersedia bca,bni,bri,danamon,dan mandiri
    *via ovo tersedia

    kunjungi langsung website kami di :

    bebasqq
    bandarq terpercaya
    agen domino teraman dan terpercaya

    ReplyDelete