3 Langkah Agar Blog Mudah diterima Adsense

3 Langkah Agar Blog Mudah diterima Adsense-Mendapatkan uang dengan cara nge-blog adalah hal yang diimpi-impikan oleh semua blogger. Dan salah satunya adalah melalui Adsense. Google Adsense adalah program affiliasi dari Google untuk bisnis internet yang sangat populer di dunia online. Melalui program periklanan adsense pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web kita. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang di klik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik.

Namun mendaftar Google Adsense tidaklah semudah yang anda kira. Saya sendiri sudah mencoba mendaftar di Google Adsense untuk blog Forum Ittihadul Muslimin sejak Oktober 2015 tapi diterimanya baru April 2016 yang lalu. Berkali-kali ditolak tapi saya terus berusaha. Butuh perjuangan, kesabaran, dan juga pengetahuan agar blog anda bisa diterima di Google Adsense. Awalnya dulu saya gak punya pengetahuan mengenai Google Adsense jadinya agak susah diterima.

Disini saya akan berbagi bersama anda di BimBel SEO agar blog yang anda punya bisa dengan mudah diterima Adsense.


3 Langkah Agar Blog Mudah diterima Adsense

Sebenarnya untuk mendaftar di Google Adsense butuh banyak pertimbangan. Dimulai dari Blog yang SEO friendly, artinya blog anda harus sesederhana mungkin. Kemudian konten yang terdapat didalamnya harus seoriginal mungin, usahakan jangan mengcopy paste konten secara penuh dari blog lain. Copy paste boleh tapi usahakan diketik sendiri dan diambil inti sarinya saja. Lalu yang terpenting adalah blog anda memenuhi persyaratan dari Google. Nah disini kita akan membahas satu persatu persyaratan penting agar blog agan diterima Google Adsense.


Memiliki Privacy Policy

Privacy Policy adalah suatu hal mutlak yang harus ada ketika anda mengajukan atau mendaftarkan blog anda ke Google Adsense karena dalam mendaftar adsense supaya diterima salah satunya adalah dengan adanya navigasi yang jelas. Nah privacy policy inilah salah satu dari navigasi tersebut.

Cara untuk membuat privacy policy sangatlah mudah. Sudah ada tools yang membantu dalam membuat privacy policy sangat cepat. Kita bisa membuatnya secara online. Berikut tutorialnya:

2. Silahkan isi formulir yang muncul dengan data-data yang dimiliki blog anda.
Daftar Privacy Policy
Gambar 1. Privacy Policy
3. Klik centang Google Adsense
4. Klik Generate HTML
5. Copy semua kode HTML yang ada kemudian buka akun blog anda
6. Sekarang buat laman baru di blog anda. Dibawah menu pos ada menu laman. Klik dan buat laman baru
7. Pilih tampilan HTML kemudian pastekan HTML yang sudah di copy tadi.
privacy policy, disclaimer, term of service
Gambar 2. Memasukkan privacy policy di blog
8. Buat judulnya Privacy Policy
9. Kemudian di pengaturan > Komentar pembaca > Jangan bolehkan
10. Publikasikan

Selesai. Privacy Policy anda telah selesai dibuat. Selanjutnya agan harus membuat Disclaimer dan Terms of Service juga.

Disclaimer

Disclaimer adalah semacam peringatan yang diberikan oleh auditor. Disclaimer atau pernyataan penyangkalan diberikan dengan tujuan perlindungan bagi pemilik website atau situs sebagai informasi. Pembaca suatu situs dianggap secara otomatis menerima syarat dan ketentuan yang berlaku pada situs tersebut, termasuk klausul disclaimer.

Cara membuat disclaimer sama dengan membuat privacy policy. Di tab pencarian privacy policy tadi lihat ke menu yang terletak di website nya bagian atas. Ada menu Disclaimer Generator klik dan buka. tampilannya akan sama seperti privacy policy tadi. 
1. Isi semua kolom dengan data yang sama seperti di privacy policy tadi. 
2. Kemudian Generate HTML.
3. Copy semua HTML.
4. Masuk ke beranda blog dan buat laman baru.
5. Pastekan di tampilan HTML
6. Kemudian di pengaturan > Komentar pembaca > Jangan bolehkan
7. Buat judulnya Disclaimer.
8. Publikasikan


Terms of Service

Terms of Service (TOS) dikenal juga sebagai ketentuan penggunaan, Syarat & Kondisi. Cara pembuatannya sama dengan cara-cara membuat Privacy Policy dan Disclaimer diatas.
1. Buka menu Terms of Service generator yang terletak diatas menu Disclaimer generator.
2. Isi semua kolom dengan data yang sama seperti di privacy policy dan disclaimer tadi.
3. Isi hanya sampai email address saja. Yang lainnya biarkan otomatis.
4. Kemudian generate HTML.
5. Masuk ke beranda blog dan buat laman baru,
6. Pastekan di tampilan HTML
6. Di Pengaturan > Komentar pembaca > Jangan bolehkan
7. Buat judulnya Terms of Service.
8. Publikasikan
Privacy Policy, Disclaimer, Terms of Service
Gambar 3. Terms of Service


Nah, mudah bukan? Sekian Bimbingan 3 Langkah Agar Blog Mudah diterima Adsense dalam kelas SEO di materi SEO On Page kita kali ini. Semoga blog agan-agan bisa dengan mudah diterima Google Adsense walaupun SEO nya belum terlalu maksimal. Jangan takut untuk gagal dan teruslah berusaha dengan masuk di kelas BimBel SEO sesering-seringnya. Jangan suka bolos ya!

Sekian..
Wassalam.

Kata Kunci: Google Adsense, Privacy Policy, Disclaimer, Terms of Service

13 Responses to "3 Langkah Agar Blog Mudah diterima Adsense"

  1. gan,di blog ane kan ada menu bar tos,disclaimer,privacy policy.cara masukin lamannya kesitu gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaan yg bagus gan. Mantap. Langkah" diatas uda diikutin kan gan? Sekarang coba buka lamannya satu persatu, habis itu copy url nya masing" ke notepad.
      sekarang buka template>edit html. Klik dulu script nya habis itu ctrl+f. Cari tulisannya privacy policy(lihat tulisan di menu yg muncul di blog agan itu apa).

      Kalau uda nemu lihat teks sebelumnya ada tulisannya href='#'

      ganti tanda pagar itu sama link url privacy policy yg uda di copas td.

      untuk tos sama disclaimer biasanya berurutan ada dibaris bawahnya kalau memang menunya berurutan. Ganti tanda # masing" dengan url yg sesuai. Disclaimer diisi sama link laman disclaimer. Tos juga diisi sama link laman terms of service

      semoga dpat menjawab pertanyaan agan. Kalau masih ada kendala atau belum nemu komentar lg ya dibawah gan. Saya bantu sampai bisa :)

      Delete
  2. Hmm ane sudah punya semua itu masbro, tinggal berdoa aga diterima adsensenya.

    ReplyDelete
  3. ane udah pasang gan, tp kok masih belum keterima ya di adsense. kasih solusi dong gan

    ReplyDelete
  4. Harus pakek itu yaa baru diterima adsense? wow terimakasih :)

    ReplyDelete
  5. Mantap gan artikelnya, ane udah approve adsense sih :) tpi tips nya memang sesuai

    ReplyDelete
  6. Wah malah uda ada testimoni ni dari agan Erisco. Semoga menginspirasi untuk yg lain juga

    ReplyDelete
  7. kalo ngomongin adsense ga ada habisnya min hehe keren semoga page 1
    mampir juga laa min

    ReplyDelete
  8. mantap nih, semoga ga ditolak lagi saat pengajuan hehehe..

    ReplyDelete
  9. pengalaman diterima adsesne, saya waktu itu pake blog gratisan, isi blog artikel abal-abal, tidak ada menu seperti yang disarankan, 5kali ditolak adsense, syukur alhamdulillah setahun kemudian diterima, blog saya tersebut sekarang diganti dengan domain berbayar...

    ReplyDelete
  10. pengalaman diterima adsesne, saya waktu itu pake blog gratisan, isi blog artikel abal-abal, tidak ada menu seperti yang disarankan, 5kali ditolak adsense, syukur alhamdulillah setahun kemudian diterima, blog saya tersebut sekarang diganti dengan domain berbayar...

    ReplyDelete