10 Langkah Mendaftar dan Memasang Kode Google Analytics di Blog

10 Langkah Mendaftar dan Memasang Kode Google Analytics di Blog - Materi BimBel SEO kali ini akan membahas tentang salah satu cara untuk meningkatkan SEO di blog anda sekalian dan menjadi salah satu cara yang dapat Menjadikan Blog mendapatkan posisi 1 di Mesin Pencarian Google.

Anda ingin mengetahui trafik blog anda? Atau ingin mengetahui seberapa ramai pengunjung Blog anda? Bahkan anda bisa mengetahui dari negara mana, dan kota mana pengunjung Blog anda berasal. Google Analytics adalah aplikasi dari Google yang tepat untuk memonitor blog anda. Terlebih Google Analytics juga sangat penting untuk pelaku bisnis online dan para pemburu uang di internet karena lewat aplikasi milik google ini kita bisa mengetahui seberapa ramai blog kita.

Kita langsung saja ke 10 Langkah Mendaftar dan Memasang Kode Google Analytics di Blog.
Cara Mendaftar Google Analytics Universal

1. Kunjungi halaman Google Analytics
2. Setelah berada pada halaman google analytics, klik link MASUK di kanan atas.
3. Klik PENDAFTARAN/SIGN UP untuk membuat akun analytics baru,
Ikuti saja panduan yang muncul di page Google Analytics tersebut dan isi semua kolom yang ada sesuai dengan data Blog anda.
4. Selanjutnya klik setuju pada GOOGLE ANALYTICS TERMS OF SERVICE AGREEMENT.
5. Setelah anda klik SETUJU anda akan dibawa ke halaman akun Google Analytics anda, dan akan ada kode analytics yang anda harus pasang pada blog anda.
6. Silahkan copy kode tersebut dan tempatkan dahulu di notepad.

Cara Memasang ID Tracking Google Analytics pada Blog anda.

7. Jika anda pengguna baru Google Analytics anda akan langsung masuk ke dashboard Google Analytics anda. Lihat Tracking ID yang berada di kotak merah bawah ini:
Tracking ID, google analytics
Gambar 1. Tracking ID
8. Kemudian masuk ke akun blogger anda. Pilih menu Setelan. Lalu klik tab Lainnya.
Masukkan Tracking ID yang dikotak warna merah pada gambar di atas pada kolom ID Property Web Analytics seperti dibawah ini.

Google Analytics, pasang kode analytics di blog
Gambar 2. Pasang Tracking ID di blog

9. Klik Simpan Setelan di kanan atas halaman setelan.
- Kemudian masuk ke menu Template >> Edit HTML. Tekan Ctrl+F dan cari kode </head> pada html blog anda.
- Kemudian buka notepad yang berisi kode Website Tracking tadi. Kodenya seperti pada Gambar 1 yang didalam lingkar hijau.
- Paste kode analytics tersebut tepat diatas baris kode </head>


Memasukkan kode analytics di blog
Gambar 3. Memasang kode Analytics di blog
Jika anda Pengguna lama namun belum tahu bagaimana cara memasang ID Tracking Google Analytics pada blog maka anda harus login ke Google Analytics anda.Klik menu admin dan klik Tracking info, maka anda akan mendapati tampilan yang sama.
10. Langkah terakhir adalah dengan selalu mengcopy - paste kan kode analytics tersebut di setiap baris terakhir artikel anda pada kolom html post.

Coba buka kembali halaman google analytics dan tekan F5 dan lihat apakah ada pemberitahuan KODE PELACAKAN berhasil atau tidak.

Dengan terpasangnya ID pelacakan pada blog anda maka anda bisa mengetahui trafik blog anda dan tentunya sudah lebih SEO. Demikian 10 Langkah Mendaftar dan Memasang Kode Google Analytics di Blog semoga tips ini bisa Menjadikan Blog mendapatkan posisi 1 di Mesin Pencarian Google.

Terima kasih sudah mampir dan membaca artikel saya. Sampai jumpa.

Kata Kunci: google analytics, cara memasang kode pelacakan di blog, cara mendaftar google analytics


13 Responses to "10 Langkah Mendaftar dan Memasang Kode Google Analytics di Blog"