8 Kesalahan Yang Sering Dialami Blogger Pemula

Tips Blog
8 Kesalahan Yang Sering Dialami Blogger Pemula

8 Kesalahan Yang Sering Dialami Blogger Pemula-Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Ketemu lagi di BimBel SEO kali ini untuk materi tentang Tips & Trik Nge-Blog bagi pemula. Ternyata nge-blog tidak semudah yang kita bayangkan. Banyak kekurangan dan kesalahan-kesalahan yang dialami oleh sobat blogger dalam menulis. Tapi jangan takut berikut akan kita bahas 8 kesalahan yang sering dialami oleh blogger pemula dari yang kita sadari sampai dengan yang tidak kita sadari beserta solusi-solusinya.

8 Kesalahan Yang Sering Dialami Blogger Pemula





1. Tidak Menempatkan Judul Pada Tempatnya


Hal ini saya alami ketika pertama kali nge-blog dulu. Dan ternyata setelah survey yang saya lakukan terhadap blog teman-teman saya yang baru saja memulai untuk nge-blog adalah 8 dari 10 blogger pemula tidak mengerti dimana judul harus ditempatkan.

Gaes, ketika kita menulis konten blog perhatikan fitur apa saja yang ada di halaman penulisan. Untuk pengguna blogspot sewaktu anda masuk untuk menulis blog lihat di atas ada kolom judul disebelah tulisan Entri dan disebelum tombol Publish. Itu adalah kolom yang disediakan untuk menempatkan judul artikel anda.

Kebanyakan blogger pemula menulis artikelnya di Ms. Word sebelum dipindahkan di blog. Dan kebanyakan, pasti, menulis judul di awal tulisan dengan format align center dan di bold. Setelah itu pasti *plek* langsung di copas ke blog.

Saran ni ya, kalau mau nulis dari Ms. Word silahkan kamu buka File > New > Pilih Template Blog Post > Create. Nanti sheet nya akan dibatasi dengan garis, dibagian atas untuk penulisan judul dan dibagian bawah adalah isi tulisan. Dan untuk copas ke blog nanti kamu tinggal copas isi ke bagian isi dan judul ke bagian judul.

Blog, Tips Blog, Tutorial Blog
Cara Membuat Blog Post di Ms. Word


2. Melakukan Copy-Paste atau Plagiat Artikel Milik Orang lain

Ayo ngaku siapa yang suka begini? Sobat Blogger, untuk membuat konten blog itu penting, tapi utamakan lah yang namanya orisinalitas. Banyak hal yang bisa dijadikan konten tulisan, dan gak harus copas dari blog orang lain.

Copas boleh tapi kalau hanya dijadikan referensi. Kalau sobat nulis tentang pengetahuan sebaiknya copasnya itu dari buku. Dan ini lebih baik daripada copas dari artikel blog atau web orang. Resikonya blog kamu akan di tendang dari Google, blog kamu gak akan muncul di Mesin Pencarian Google. Sebenarnya ini adalah salah satu tips untuk optimasi SEO On Page dan menjadi kunci utama dari SEO On Page.

Biasanya yang ngelakuin hal ini tu blog-blog dengan topik pengetahuan. Gini ni tipsnya kalau memang kamu sangat butuh konten untuk mengisi blog, karena memang rutinitas dalam mengisi konten itu penting. Oke kamu boleh ambil dari blog orang lain tapi dengan syarat. Satu, contek hanya poin penting dari isinya, mengenai penjelasannya tulis dengan kata-kata kamu sendiri. Dua, Jangan lakukan copy-paste langsung ke blog kamu, tapi tulis dengan ketikan tangan kamu sendiri dan tambahkan variasi agar blog kamu tampil beda, keuntungannya pembaca kamu senang melihat isinya karena validitas yang tinggi tapi resikonya artikel kamu gak akan masuk di halaman pertama Google. Tiga, setelah hal diatas sudah dilakukan hal selanjutnya adalah kamu harus mencantumkan darimana sumber tulisan tersebut.

3. Asal Buat Konten

Beroooooh and sist, yang namanya blogging itu kamu harus nentuin yang namanya niche (topik) blog. Jadi dalam 1 blog itu harus membahas 1 topik saja atau maksimal 3 topik tapi relevan. Loh kenapa? Hal ini berguna untuk ngebuat blog kamu itu lebih dikenal sama pembaca. Tujuan nge-blog itu apa? Supaya dibaca. Jadi tulislah untuk pembaca.

Ketika blog kamu mempunyai fokus topik maka hal itu memudahkan pembaca untuk kemana mereka harus mencari sumber. Misalnya ni, kalau mau cari cerpen carinya ke cerpenmu.com, kalau mau buat desain vektor perginya ke dzofar.com, kalau mau download crack file perginya ke kuyhaa-android19.com, kalau mau cari tentang pengetahuan agama islam perginya ke ittihadulmuslimeen.blogspot.com, kalau mau cari tips seo & blogging perginya ke bimbelseo.blogspot.com

Sekarang ngerti kan apa fungsi dari poin ini? Poin ini adalah poin yang paling sering ditemui pada 8 Kesalahan Yang Sering Dialami Blogger Pemula.

4. Menulis Terlalu Panjang

Hal ini maksudnya bukan isi keseluruhannya terlalu panjang ya. Karena untuk optimasi SEO semakin panjang tulisan maka semakin bagus. Dan standar nya sih tulisan blog itu berkisar antara 500-1000 karakter.

Poin ini maksudnya adalah kebanyakan penulis-penulis muda nulis artikel terlalu panjang dalam satu paragraf. Sobat blogger, hindarilah hal ini, kamu tau? Hal tersebut bisa ngebuat pembaca kamu ngerasa bosan untuk membaca sampai habis. Tulislah hanya 3-5 kalimat dalam 1 paragraf.

5. Menulis Dengan Template Ms. Word dan Langsung Copy-Paste ke Blog

Oh no Hindari ini!!! Jangan anggap format Ms. Word sama dengan format blog. Biasanya kalau kita nulis di Ms. Word pasti ditulis sambil didesain secantik-cantiknya kan? Pasti kebanyakan yang ganti font dengan font terbaik yang dipunya, atau dibuat dengan ukuran yang bervariasi, atau diwarna-warnai supaya cantik. Dan kebanyakan di tab untuk membentuk paragraf. Ya kan ya kan?

Gaees, biar kamu tahu, google gak suka itu. Apalagi kalau kamu pakai platform blogspot, tulisan seperti itu gak akan di support, khususnya penggunaan tab. Kalau kamu memang mau buat paragraf, enter aja dua kali, jangan pernah pakai tab. Dan jangan pakai numbering atau bulleting dari Ms. Word. Pakai aja Numbering yang disediakan sama blog kamu, atau gak usah pakai sama sekali, ketik manual aja.

Untuk penggunaan font solusinya gunakan font apa adanya, kalau default nya calibri maka tulis aja dengan calibri. Nanti ketika paste ke blog baru diubah menjadi Times New Rowman melalui settingan blog.

6. Menyerah di Awal

Saya tidak mungkin bisa. Ini adalah penyakit kronis yang mendesak dibumihanguskan dari wilayah otak Anda. Sekali Anda terjangkit, maka diperlukan usaha ekstra agar kembali ke jalur waras. Kegagalan sering kali datang kepada orang yang tidak berani mengambil resiko. Bila dibekali wawasan yang tepat guna, resiko sebanding dengan tingkat value yang didapat. High Risk, High return!

7. Tidak Konsisten

Banyak dari sobat sobat blogger yang sering menunda-nunda dalam menulis. Bahkan sampai-sampai blognya bersarang laba-laba. Tanamkan komitmen pada diri kita untuk selalu semangat dalam nge-blog. Nge-blog adalah pekerjaan yang mulia. Bekerja? Iya kerja, kamu gak salah baca. Walaupun isi blog kita hanya seputar pengalaman pribadi ataupun curahan hati tapi kamu harus komitmen untuk terus membagikan semuanya didalam blog. Supaya nantinya pembaca kamu akan lebih sering berkunjung karena tau kalau bakalan ada tulisan yang akan terus di update.

Sama halnya dengan bekerja diluaran sana, nge-blog membutuhkan waktu dan curahan keringat untuk ngelakuinnya. Tapi terkadang semangat untuk nge-blog bisa naik dan bisa juga turun, dan kebanyakan dan lebih sering turunnya.

Tips nya, kalau semangat kamu lagi menggebu-gebu dan dalam satu hari kamu bisa nulis sampai 2 atau 3 artikel maka jangan langsung posting semuanya sekaligus. Berikan jarak untuk setiap artikel. Untuk blog baru kamu bisa post satu hari satu artikel, kalau usia blog sudah cukup lama kamu bisa pos satu artikel per tiga hari, kalau usia blog kamu sudah tahunan kamu bisa pos satu artikel per minggu. Simpan tulisan sebagai draf dan publikasikan pada waktu yang sudah direncanakan, atau kalau besok kamu gak sempat buka blog kamu bisa tentukan jadwal publish di sebelah kanan laman entri saat kamu menulis. Dibawah tombol publish ada sederetan setelan entri dan salah satunya adalah schedule atau Jadwal. Tentukan jadwal update otomatis blog kamu disitu.
Baca juga: 9 Racun Dalam Menulis | Tips Menjadi Blogger

6. Desain Blog Berlebihan/Lebih Mementingkan Desain

Mendesain blog merupakan syarat yang cukup penting dalam proses membuat blog. Terkadang ada blog yang kontennya cukup bagus, tetapi tampilan datau desainnya terlalu berlebihan sehingga membuat blogger atau pengunjung terlalu malas untuk masuk lebih dalam ke blog anda. Usahakanlah agar menggunakan template dan desain blog yang sederhana.

Kalau kamu butuh bantuan silahkan kirimkan komentar dibawah, nanti kita saling sharing dan diskusi online.

8. Tidak Menambahkan Foto dan Label di Post Blog

tips blog


Foto adalah salah satu elemen essensial sebuah blog. Secara kasat mata, manusia tertarik pada gambar visual sebelum benar-benar membaca apa yang tertulis di situ. Tulisan yang panjang tidak akan terlalu melelahkan jika diselingi gambar. Tulisan sedikit pun akan menarik jika diberi gambar.

Percaya tidak jika gambar adalah salah satu elemen yang terbaca pertama kali di google search? Hmm... ini peluang yang sangat bagus, bukan? Jangan lupakan gambar di setiap posting blog. Ada banyak situs yang memberikan gambar sekelas profesional secara gratis seperti pixabay.com. Tapi jika kamu membuat gambar sendiri maka lebih baik. Jangan pernah mengambil secara mutlak dari google. Kalau kamu ambil dari google ambillah yang ada watermark nya dan cantumkan sumbernya.
(Sumber: http://www.susindra.com/2016/05/7-kesalahan-umum-blogger-pemula.html)

Bagaimana dengan label? Entah sudah berapa puluh kali saya menemukan blog yang tidak menyertakan label, padahal saya tertarik dengan tulisannya yang bermaksud melanjutkan pembaca topik yang berada dalam satu tema. Fungsi dari label adalah sebagai bab seperti dibuku. Label Seo On Page akan berisi tentang tips-tips SEO On Page. Label Kelas Blogging akan berisi tentang tips-tips nge-blog, dan seterusnya.

Kesimpulan


Nge-blog butuh jam terbang yang tinggi. Jangan pernah berhenti untuk nge-blog karena pengalaman yang menentukan hasil

Jangan pernah berpikir kalau nge-blog adalah hal yang sia-sia. Anggaplah blog adalah hobi yang menyenangkan. Sadar gak sih kalau setiap kali ngebuka statistik dan melihat kalau ada aja yang berkunjung setiap hari ngebuat kita jadi senang gak karuan. Tulislah untuk dibaca, maka kamu akan menemukan nikmatnya nge-blog.

Sekian materi BimBel SEO kita kali ini tentang 8 Kesalah Yang Sering Dialami Blogger Pemula. Semoga bermanfaat dan dapat meningkatkan semangat kita semua dalam nge-blog. Jangan takut untuk gagal dan teruslah berusaha dengan masuk di kelas BimBel SEO sesering-seringnya ya. Jangan suka bolos!

Kata Kunci: Tips Menjadi Blogger, Kesalahan dalam ngeblog, Blog SEO, Tips Blog

11 Responses to "8 Kesalahan Yang Sering Dialami Blogger Pemula"

  1. Makasih gan, artikelnya sangat membantu dan me motivasi buat para blogger pemula seperti saya (Y)

    ReplyDelete
  2. iya gan bener, dulu saya sering copas dan artikelnya sembarangan wkwkwk, sekarng mendingan sih hehehe

    ReplyDelete
  3. nah point ke-2 bener tuh, harus artikel yang orisinil buatan sendiri, dan juga enak di grab google nya

    ReplyDelete
  4. banyak kesalahan yang sudah saya perbuat, seperti beberapa dalam artikel ini. sekarang sih pelan-pelan mulai tobat

    ReplyDelete
  5. Alhamulillah sudah sy prbaiki smua kesalahnya :)

    ReplyDelete
  6. Ternyata masih banyak yang salah pada diriku :v

    ReplyDelete
  7. waduh... infonya makasih ya ... by HUS SEI

    ReplyDelete
  8. ane baru ngeblog satu bulan yg lalu, masih harus bnyk belajar hehe..
    gimana gan tips agar bisa nulis di blog, soalnya kebanyakan ane copas,

    ReplyDelete
  9. Dari nomor 7 kok ke 6 lagi? :D

    Alhamdulillah, 6 kesalahan tidak pernah saya lakukan, apalagi untuk copas, 3 kesalahan lainnya telah diperbaiki.

    Kalau blog personal apa mesti 1 topik juga?

    ReplyDelete
  10. Copy paste paling sering jadi korban :'v

    ReplyDelete
  11. Betul gan... Saya juga awalnya buat konten asal jadi tapi akhirnya saya paham klo itu salah

    ReplyDelete