Blogger atau Bloger? Ini Jawaban KBBI IV

Blogger atau Bloger? Ini Jawaban KBBI IV - Sebelum kita melangkah ke pembahasan "Blogger atau Bloger"? mending kita bahas mengenai Blog lebih dulu. Kalau kata bang @radityadika blog itu kayak diary, tapi di internet. Ingat, bukan diare di internet loh, tapi diary di internet.

Di zaman sekarang blog bukan lagi berfungsi sebagai diary online tapi udah multifungsi. Sekarang apa aja bisa ditulis didalam blog. Berbagai informasi bisa kita dapatkan dari blog seseorang, tergantung dengan "niche" nya.

Ada yang tau gak apa sebutan untuk orang yang ngeblog? Ya, Blogger! Kita selama ini mengenal seseorang yang ngeblog dengan istilah Blogger. Tapi sayangnya jawaban itu salah men. Jawaban yang bener adalah Bloger! KBBI IV membenarkan jawaban ini.

Blogger, Bloger, Bloger bukan Blogger, pengertian Bloger


Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) baru-baru ini memasukkan istilah blogger ke dalam kamusnya. Bukan dengan kalimat double G, tapi hanya satu yaitu B L O G E R.

Menurut saya alasan KBBI merubah kata Blogger menjadi Bloger sangatlah tepat. Karena kata ini adalah kata saduran dari bahasa inggris. Kalau dalam bahasa inggris kita mengenal kata read(=baca) dan orang yang melakukannya adalah reader(=pembaca) dengan ditambahkan imbuhan -er sebagai kata kerja mempunya makna : "pe~", yaitu orang yang melakukan sesuatu.

Jadi, Bloger berasal dari kata Blog dan mendapat imbuhan -er untuk pelakunya. Sehingga Blog + er = Bloger, bukan Blogger. Hanya 1 G, Bloger bukan Blogger. Masih menjadi misteri kenapa kata Blogger sudah membudaya di dunia internasional khususnya Indonesia. Kenapa ada satu huruf G yang nyelip diantara Blog dan -er. Hal ini masih harus dipecahkan oleh BimBelSEO mungkin di tulisan selanjutnya.

Tapi pernah berpikir gak sih kenapa blog namanya adalah blog? Ada yang tau gak kenapa kursi namanya adalah kursi? Kenapa tempat tinggal disebut dengan rumah? Kenapa nggak gawang atau kelas? Pernah nyadar dan berpikir gitu gak sih? Ada yang tau jawabannya?

Tulisan ini diikut sertakan dalam babak kualifikasi Liga Blogger Indonesia 2017.

2 Responses to "Blogger atau Bloger? Ini Jawaban KBBI IV"

  1. Kenapa namanya Blog? Awalnya bernama web log karena untuk masuk ke dalamnya kita harus login dulu ke "rumah orang" biar kita bisa masuk "kamar kos" :D

    ReplyDelete
  2. DOWNLOAD SEKARANG JUGA APLIKASI MYDRAKOR, TERBARU DAN MUDAH DIGUNAKAN, sekarang nonton drama korea bisa di smartphone. Download sekarang juga aplikasi MYDRAKOR di googleplay gratis, film dan drama terbaru.

    https://play.google.com/store/apps/details?id=id.mydrakor.main&hl=in

    https://www.inflixer.com/

    ReplyDelete