2 Faktor Pembentuk Tren Konten Blog 2017

faktor pembentuk tren blog 2017
Gambar : BimBelSEO


Tren Konten 2017?

Hmmmm, kayaknya cukup berat untuk memprediksi apa tren konten yang akan sangat menonjol di tahun 2017 ini. Dunia blogging itu bebas. Apapun bisa menjadi tren di dunia blogging. Tapi jangan lupa bahwa blogger memiliki peranan penting sebagai penghasil konten. Yang harus kita perhatikan adalah bagaimana agar tren konten yang diciptakan oleh seorang blogger bisa bertahan lama di jagad maya blogsphere.

Tulisan Tren Konten Tahun 2017 ini sebatas prediksi aku aja. Tapi, ya aku harap tulisan ini bisa sedikit membuka mata para pembaca dalam bertahan hidup di dunia blogging selama tahun 2017.

Dalam menciptakan sebuah tren konten perlu kita perhatikan faktor-faktor apa yang dapat mempengaruhi terciptanya tren tersebut. Di tahun 2016 kita melihat dunia visual digital marketing sangat laku keras dan menjadi tren utama di jagad maya. Contohnya, kita lihat aja 'vlog'. Siapa sih yang gak kenal sama vlog? Salah satu jenis konten blog yang berupa blog versi video yang selalu kita temui di youtube tentang hidup, pikiran, opini, dan ketertarikan si vlogger dengan suatu hal ini telah mengalahkan tren ngeblog melalui platform tulis yang selama ini biasa kita kerjakan.

Kok bisa vlog ngetren banget di tahun 2016? Apa di tahun 2017 vlog akan tetap bertahan? Atau bakalan ada tren baru lagi? I don't know. but, ternyata setelah aku pelajari, 2 faktor ini yang mempengaruhi pembentukan tren konten di dunia blog.

1. Teknologi

teknologi sebagai pembentuk tren
Gambar : BimBelSEO


Tak dipungkiri sejak 3 tahun terakhir perkembangan teknologi sedang berada di posisi yang sangat pesat-pesatnya. Munculnya Virtual Reality, Augmanted Reality, Layanan On Demand dan lain sebagainya menjadikan internet dan smartphone menjadi hal yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia sehari-hari khususnya masyarakat Indonesia. Didukung dengan kecepatan 4G menjadikan smartphone bagaikan kebutuhan primer bagi kita.

Faktor teknologi ini menjadi faktor utama yang membentuk terciptanya tren konten dari waktu ke waktu. Yang dikatakan sebagai bloger penghasil konten sebenarnya sangat berpatokan dengan hal ini. Bisa jadi dengan adanya teknologi e-commerce di tahun 2017 nanti para blogger akan berbondong-bondong beralih ke konten e-commerce. Atau karena mudahnya Layanan On Demand para blogger berbondong-bondong membuat blognya menjadi aplikasi pelayanan seperti Go-Jek, Olx, BukaLapak dan lain sebagainya.

2. Our Audiences

om telolet om
Gambar : KonsultasiSyariah.com


Nah ini juga penting ni. Sama halnya seperti vlog, cobalah untuk berbicara kepada pembaca melalui tulisan kita. Berikan Personal Touch ke pembaca, sentuhlah ia tepat di hatinya (*uda kayak lagu aja :D). Sebagai blogger kita harus tau apa yang disenangi oleh pembaca. Kayak yang pernah aku tuliskan di tulisan sebelumnya tentang Tips Menaikkan Visitor Untuk Blog Cerpen,
Pembaca adalah Raja, Anugerah, Segalanya

Karena kita menulis untuk dibaca bukan?

Ngomong-ngomong masalah pembaca berarti kita berbicara tentang marketing. Ada 2 juga konsep utama dalam dunia marketing:
1. Konsep kejar bola (Umum), Memenuhi apa yang dibutuhkan oleh para pembeli, dalam hal ini pembaca. Nilai plus dari konsep ini adalah blog kita akan cepat sekali viral, akan dicari-cari oleh banyak orang. Tapi nilai minusnya, ketika para pembaca merasa kebutuhannya telah terpenuhi, dia tidak akan kembali lagi mengonsumsi tulisan kita.
2. Konsep giring bola, konsep yang satu ini digagas oleh Steve Jobs. Menurut steve jobs marketing yang tepat bukanlah memenuhi permintaan konsumen, tapi bagaimana caranya produk yang kita hasilkan akan sangat dibutuhkan oleh para konsumen di masa yang akan datang. Perlahan-lahan para konsumen akan mencari produk kita walau dengan penuh kesulitan bahkan dengan harga yang tinggi sekalipun. Lihat produk apple, siapa yang sangka di zaman dulu orang membutuhkan sebuah personal computer (PC) untuk rumahnya masing-masing? Tapi sekarang produk apple adalah produk yang sangat bergengsi untuk dimiliki.

Dari 2 faktor diatas : 'Teknologi dan Pembaca' seorang bloger akan mampu menemukan apa tren konten yang kira-kira cocok untuk dirinya. Untuk para blogger yang telah lama terjun di dunia blogsphere sebaiknya tetaplah konsisten dengan konten yang telah Anda ciptakan sebelumnya. Jadilah trendsetter yang sesungguhnya. Ketika kita udah konsisten percayalah lambat laun pembaca setiamu akan semakin banyak.

Menurut sobat BimbelSEO kira-kira apa tren konten yang akan meramaikan blogsphere di tahun 2017 ya?

34 Responses to "2 Faktor Pembentuk Tren Konten Blog 2017"

  1. Teknologi dan audience memang jadi trigger kuat dalam segala lini kehidupan, tak terkecuali dalam ngeblog ya

    ReplyDelete
  2. iyah gan teknologi emang lagi pesat-pesatnya nih, cocok buat konten blog soalnya banyak juga topik pembahasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi tetep harus hati" juga gan dalam buat konten teknologi. Pasalnya konten teknologi ini berat persaingannya

      Delete
  3. Paling bagus buat konten yang memang bermanfaat untuk orang lain bisa pendidikan atau teknologi

    ReplyDelete
  4. Iya mbak ri, Di tahun 2017 para blogger harus siap menerima konten" viral yg disuguhkan oleh teknologi dan audience

    ReplyDelete
  5. Gak ada yang kepikiran kalau konten tentang politik bakalan meramaikan blogsphere ya? :V apalagi tahun 2017 ini kan bakalan diadakan pilkada serentak hehe

    ReplyDelete
  6. teknologi memang mantep masbro , karna Q hobi makan jadi share nya tentang kuliner hehe ,, nyalurin hobi ke artikel aja sih

    btw nice infonya bro (y) sangat bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin nanti karna berkembangnya teknologi blog kulinernya akang bisa dinikmati dengan VR hahaha

      Delete
  7. Ia sih bener apa lagi yang Our Audiences , terus sangat berguna pula buat ningkatin SEO ,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pembaca adalah raja, anugerah, dan segalanya

      Delete
  8. great article dude. keep blogging

    ReplyDelete
  9. sharing pengetahuan yang bermanfaat gan , memang benar out audiences sedang popular sekali saat ini seperti om telolet om

    ReplyDelete
  10. pembaca adalah raja, nice share gan mantap

    ReplyDelete
  11. konsep kejar emnk lebih terjamin gan

    ReplyDelete
  12. Membuat hati pembaca tersentuh, itu yang belum ada dalam blogku T_T. Konsep giring bola, itu keren. Perlahan-lahan yaa

    ReplyDelete
  13. bener banget mas, pembaca menjadi kontrol sosial di dalam blogging

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya mas. Jadi menulis lah utk pembaca 👍

      Delete
  14. saat ini tren semakin dinamis dan selalu cepat berubah karena kedua faktor pembentuk tersebut juga selalu berubah. Audience misalnya selalu mencari hal yang segar, unik dan selalu berbeda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kata band queen selera audience itu "easy come, easy go" haha

      Delete
  15. menarik nih terkait konsep giring bola, karena kita bisa menjadi trend setter bukan hanya mengikuti pasar. thanks infonya. :)

    ReplyDelete
  16. Hallo sahabat RajajudiQQ * apa kalian sudah bermain di RajajudiQQ hari ini ? atau masih ada yang belum mengenal RajajudiQQ ?
    RajajudiQQ adalah situs resmi poker dan domino TERBAIK dan TERPERCAYA di INDONESIA dijamin AMAN 100% bosku..
    selain itu, RajajudiQQ juga selalu memberikan yang terbaik buat
    para membernya lohhh.. tidak ketinggalan, bonus TurnOver 0.5%
    dan refferal hingga 20% (dibagikan setiap hari senin setelah jam
    12 siang) untuk para member setia yang bermain di RajajudiQQ *
    tunggu apa lagi ? yukkkk... registrasi dan daftarkan sekarang
    juga dan nikmati promo-promo dan bonus lainnya..

    7 permainan RajajudiQQ :

    - Poker
    - DominoQQ
    - AduQ
    - CapsaSusun
    - BandarQ
    - BandarPoker
    - sakong

    Bank tersedia :

    - BCA
    - BNI
    - BRI
    - DANAMON
    - MANDIRI
    - CIMB NIAGA

    Nikmati keseruan 7 permainan dalam 1 ID dan dengan minimal deposit/withdraw 15.000 udah bisa merasakan sensasi permainan
    fairplay 100% player vs player tanpa bot's ! untuk menyenangkan
    bagi sahabat RajajudiQQ tidak perlu khawatir dikarenakan tidak
    perlu repot harus bermain pada tempat tertentu, di RajajudiQQ
    bisa bermain melalui gadget/smartphone dimana saja dan kapan saja.
    jika bosku mengalami kendala segera hubungi Custumer Servis (CS)
    kami siap membantu melayani bosku 24 jam :

    - PIN BBM : DC4F3ABB
    - WE CHAT : rajajudiqq
    - Whatsapp : +855 966629336
    - SKYPE : rajajudiqq

    ReplyDelete
  17. bagus infonya

    https://filepaste.blogspot.com

    ReplyDelete
  18. DOWNLOAD SEKARANG JUGA APLIKASI MYDRAKOR, TERBARU DAN MUDAH DIGUNAKAN, sekarang nonton drama korea bisa di smartphone. Download sekarang juga aplikasi MYDRAKOR di googleplay gratis, film dan drama terbaru.

    https://play.google.com/store/apps/details?id=id.mydrakor.main&hl=in

    https://www.inflixer.com/

    ReplyDelete
  19. DOWNLOAD SEKARANG JUGA APLIKASI MYDRAKOR, TERBARU DAN MUDAH DIGUNAKAN, sekarang nonton drama korea bisa di smartphone. Download sekarang juga aplikasi MYDRAKOR di googleplay gratis, film dan drama terbaru.

    https://play.google.com/store/apps/details?id=id.mydrakor.main&hl=in

    https://www.inflixer.com/

    ReplyDelete
  20. Thank you very much for sharing this very useful information with us, I am very happy to have found this information. Rajaqq
    prediksi togel sgp

    ReplyDelete
  21. If you want to study masters in UX design india. Join subhe online courses in hindi. In this program, you will learn from the basics to advanced design like Color theory, Topology, Typography, etc. Get to learn UI and UX graphic design classes training from highly experienced faculty which is an amazing way to gain practical as well as theoretical knowledge.

    ReplyDelete