Apa sih SEO Off Page itu? Pengertian SEO Off Page

Apa sih SEO Off Page itu?-Hai sobat Blogger, ketemu lagi  di BimBel SEO. Gimana nih nge-blog nya? Masih konsisten nge-blog kan? Memang butuh kesabaran dan keahlian serta semangat juang untuk jadi blogger sejati. Salah satunya adalah keahlian dalam Optimasi Mesin Pencarian atau biasa kita kenal dengan Search Engine Optimization (SEO). Kali ini kita bakalan ngebahas tentang yang namanya SEO Off Page. Materi yang satu ini sebenarnya materi yang paling gampang tapi dampaknya bisa jadi strategis, bisa juga bikin nangis.

Off Page, Blogging
SEO Off Page


Apa sih SEO Off Page itu? simpelnya SEO Off Page bisa kita artikan sebagai beberapa cara yang mendukung kemajuan dan kelangsungan situs yang kita kelola, namun kita melakukannya diluar blog itu sendiri. Paham ya? Jadi yang namanya SEO Off Page itu adalah optimasi yang kita lakukan tanpa kita menyentuh dashboard blog.

Misalnya ni, kita punya program aplikasi (bagi anak Informatika) kita uda ngoding dengan sangat baik sehingga aplikasi kita itu uda setara hebatnya dengan facebook, aplikasi voice record, game dota 2, tokobagus dan sebagainya. Tapi gimana caranya biar aplikasi kita itu dipakai dan dikenal sama orang? Yaitu dengan cara menjalin relasi dengan konsumen, vendor, sponsor, dan semacamnya. Paham ya?

Kebanyakan blogger Indonesia mengatakan bahwa SEO Off Page adalah media promosi. Tapi sebenarnya SEO Off Page bukan hanya sekedar promosi blog, tapi promosi merupakan salah satu teknik yang ada dalam teknik SEO Off Page yang wajib kita lakukan jika ingin menjadi Blogger yang sukses.
"SEO Off Page bukan hanya tentang membangun link. Pengertiannya lebih dalam dari itu, seperti teknik membranding nama, logo, url, pada blog ataupun website yang kita kelola."

Teknik SEO Off Page apa saja yang baik untuk kemajuan situs?


Sebenarnya ada banyak teknik SEO Off Page yang berlaku di kancah perbloggingan, khususnya Indonesia. Tapi disini saya akan share beberapa cara yang sekiranya memang mudah dilakukan dan memiliki efek yang cukup menjanjikan.

1. Daftarkan situs ke Google Webmaster Tools
2. Membangun koneksi yang baik dengan sesama Blogger atau Pembaca.
3. Share ke Social Media
4. Komentar di situs yang bersifar "dofollow"

Ke-4 teknik diatas merupakan teknik-teknik yang saya gunakan, dan mungkin bisa sobat blogger gunakan untuk membangun SEO Off Page berkualitas pada blog sobat blogger. Dan berikut sedikit penjelasan-penjelasan tentang ke-4 teknik diatas.

1. Daftarkan situs ke Google Webmaster Tools

Hal ini adalah hal yang pertama kali harus anda lakukan saat memiliki suatu blog. Kenapa? Karena dengan cara ini maka Blog anda akan langsung terdaftar di Google dan dengan cepat dapat terindex di mesin pencarian.

Selain mendaftarkan blog, anda juga bisa mendaftarkan link url artikel yang baru saja di publish agar bisa masuk ke halaman pertama pencarian google dengan cepat. Untuk cara melakukannya nanti akan kita bahas di tulisan selanjutnya

2. Membangun koneksi yang baik dengan sesama Blogger atau Pembaca

Menjalin silaturahmi antara sesama Blogger sangat baik untuk penerapan SEO Off Page Blog Sobat Blogger. Kenapa? Karena dengan adanya kenalan dan relasi kita bisa saling sharing dan berbagi ilmu tentang dunia blogging.

Dengan terjalinnya koneksi antara sesama Blogger kita nantinya bisa membangun link diantara blog kita dan punya mereka, baik dengan bertukar link, memasang anchor text, memasang link kita di salah satu artikel mereka, saling memberikan kritik, komentar, dll.

Sementara membangun koneksi dengan pembaca adalah faktor terpenting untuk kita dapat memperkecil tingkat Bounce Rate blog yang sedang kita kelola. Semakin besar tingkat kepercayaan kita dengan pembaca, semakin kecil tingkat Bounce Rate situs kita.

Apa itu Bounce Rate Blog? Apakah Penting?


Menurut om wikipedia, pengertian dari Bounce Rate adalah persentase pengunjung yang masuk ke website kita lalu pengunjung tersebut keluar tanpa melihat halaman lain dari web atau blog kita. Secara sederhana, bounce rate bisa kita artikan persentase pengunjung yang hanya mengunjungi satu halaman di web blog kita.

Lalu apa hubungannya Bounce Rate dengan SEO? semakin bagus isi blog kita maka pengunjung akan merasa  betah dan berlama-lama mengunjungi blog dan bounce rate blog kita pun akan menjadi semakin rendah. Nah hal itulah yang akan menyebabkan google mengetahui kalau isi blog kita berkualitas dan disukai banyak pengunjung yang berdampak mudahnya blog kita muncul pada Mesin Pencarian.

Ibaratnya ketika ada yang berkunjung kerumah kita maka kita harus memberikan suguhan dan pelayanan yang membuat tamu betah berlama-lama dirumah kita. Semakin nyaman tamu dirumah kita maka semakin banyak rezeki yang kita dapatkan.

Jadi jangan pernah lelah untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan pembaca di kolom komentar. Karena dengan adanya komentar artinya blog anda benar-benar diperhatikan oleh pembaca dan artikel agan bisa jadi bermanfaat.

Karena tipe pembaca seperti ini adalah tipikal yang sangat berpeluang besar menjadi pembaca setia blog. Layani mereka dengan baik. Ini adalah poin penting dalam SEO Off Page. Pembaca adalah Raja.

Beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menjalin silaturahmi dengan sesama blogger dan pembaca adalah Pertama, anda bisa bergabung kedalam komunitas Blogger. Salah satunya adalah BimBel SEO ini. Bimbel SEO juga memiliki grup di facebook  disiniKedua, Mengajak teman-teman, kerabat, serta keluarga anda untuk aktif didalam dunia blogging, Ketiga, sering-sering melakukan blogwalking ke blog-blog yang memiliki topik yang sama dengan blog anda, berikan komentar dan ajak berkenalan.

3. Share Ke Social Media

Cukup dengan klik berbagi/share ataupun menyebar link di social media seperti facebook dan twitter sudah dapat mendongkrak backlink dengan cepat.

4. Komentar di situs yang bersifat "dofollow"

Dengan cara berkomentar di situs yang bersifat dofollow, search engine memungkinkan akan mengindex link kita yang sudah kita tanam tersebut. Backlink dari situs dofollow tidak perlu harus di klik oleh orang dulu baru jadi backlink, beda dengan situs nofollow akan jadi backlink bila link kita di klik oleh seseorang pengguna internet baru jadi backlink. Tapi dari nofollow juga baik, karena link building sama dengan backlink dofollow.

referensi :
http://www.adamsyf.com/2016/03/teknik-optimasi-seo-off-page.html?m=0
http://www.mugianto.web.id/2016/04/seo-off-page-pengertian-dan-teknik-terbaiknya.html
http://pintasku.blogspot.co.id/2015/01/cara-optimisasi-seo-off-page.html

Sekian materi BimBel SEO kita kali ini tentang Apa sih SEO Off Page itu? Pengertian SEO Off Page. Semoga bermanfaat dan dapat meningkatkan semangat kita semua dalam nge-blog. Jangan takut untuk gagal dan teruslah berusaha dengan masuk di kelas BimBel SEO sesering-seringnya ya. Jangan suka bolos!

Kata Kunci: SEO Off Page, Pengertian SEO Off Page, Tips SEO Off Page

4 Responses to "Apa sih SEO Off Page itu? Pengertian SEO Off Page"

  1. Keren nih pengertiannya, jadi pada tau dan tambah ngerti :D

    ReplyDelete
  2. terima kasih buat infonya kan.. sangat bermanfaat buat saya yang masih newbie

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah gak ada kata newbie dalam ngeblog gan, karena masalah ngeblog itu yg penting ada yg bimbing pasti bisa cepat ngertinya. Makannya ayo gabung di BimBel SEO hehe

      Delete